Jumat, 01 Oktober 2010

Si Cantik Mata-Mata Rusia


Salah satu dari 10 mata-mata Rusia yang tertangkap di AS, adalah perempuan cantik berambut merah dan bermata hijau. Ia pebisnis yang beroperasi di negeri adidaya itu, Anne Chapman.

Foto Facebook Chapman terpampang di halaman pertama suratkabar New York Daily News edis hari ini, Rabu (30/6). Bersama sembilan kawannya, kelompok mata-mata Rusia ini ditangkap oleh aparat AS, menyusul penyelidikan oleh Biro Investigasi Federal (FBI).

Mereka diduga anggota agensi intelijen Rusia yang canggih dan ditempatkan di AS sebagai warga sipil. Chapman yang dijuluki Red Head oleh suratkabar New York Post, diduga telah banyak memberikan informasi kepada pihak Rusia.

"Ia dan pihak Rusia menjalin komunikasi via media elektronik secara diam-diam. Agar tak perlu berhadapan langsung saat bertemu, ia dan tersangka lainnya menggunakan laptop yang didesain khusus," demikian dokumen pengadilan, seperti dilansir Straits Times.

Dalam sidang dengar pendapat kemarin, kekayaan Chapman diperkirakan mencapai US$2 juta. Pengacaranya, Robert Baum, menyangkal keterlibatan kliennya seperti yang ditudingkan FBI. Konspirasi ini diduga telah terjadi sejak 2000, sementara Chapman baru lima tahun di AS.

Sumber: inilah

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting